Rabu, 13 Mei 2020

Cara Memaksimalkan Pencarian dengan Mesin Pencari Google

Berbagai hal kini dapat ditelusuri hanya dengan bermodalkan koneksi internet. Medium seperti Google, Yahoo search!, Bing, dan banyak lagi bisa dimanfaatkan untuk menelusuri berbagai hal di dunia maya. Namun, tidak banyak yang tahu cara untuk memaksimalkan pencarian di internet agar kita dapat menemukan hasil yang lebih spesifik sesuai kebutuhan kita dengan cepat. Pekerjaan seperti penerjemah adalah salah satu profesi yang membutuhkan keahlian riset yang mumpuni. Contohnya seperti pada saat mencari istilah atau padanan kata yang spesifik digunakan dalam suatu bidang tertentu, mesin pencari dapat menjadi sumber informasi yang sangat berharga.

Berikut ini adalah cara-cara yang dapat digunakan untuk menyaring hasil pencarian di internet:

1. Filter situs berdasarkan ekstensi domain
Situs web memiliki ekstensi spesifik sesuai dengan kategori domain web tersebut. Berikut ini adalah ekstensi umum domain situs web berdasarkan kategorinya:

Ekstensi
Entitas
.com
Komersial
.co.id
Perusahaan dalam wilayah Indonesia
.id
Domain spesifik di negara Indonesia
.us
Domain spesifik di negara Amerika Serikat
.gov
Domain untuk pemerintahan
.go.id
Domain sektor pemerintahan Indonesia
.ac.id
Domain institusi pendidikan di Indonesia
.edu
Domain institusi pendidikan
.org
Domain organisasi
dan banyak lagi ekstensi domain lainnya.

Nah, pengelompokan domain berdasarkan kategori entitasnya tersebut dapat membantu kita untuk memfilter suatu kata atau istilah yang spesifik dalam bidang tertentu sesuai dengan kebutuhan kita. Google dapat digunakan untuk menyaring informasi yang spesifik dalam kategori entitas tertentu dengan menggunakan filter "site:" dan diikuti istilah atau kata yang ingin kita cari dalam kolom pencarian. Misalnya:
  • site:ac.id penerjemah
  • site:.gov penerjemah
  • site:.org penerjemah
Di bawah ini adalah contoh pencarian nama saya sendiri pada situs dengan ekstensi ac.id. Semua hasil pencarian yang muncul adalah situs-situs dengan ekstensi ac.id yang memuat nama saya dalam situs mereka.

   
2.  Filter istilah atau kata spesifik
Terkadang kita ingin mencari suatu istilah atau kata yang spesifik, bukan sekadar memuat istilah yang kita ketikkan tetapi sama sekali tidak berhubungan dengan apa yang kita ingin cari. Apabila kita mengetikkan "penerjemah bahasa Jerman" dalam kolom pencarian, hasil yang keluar akan menampilkan semua situs yang memuat kata-kata tersebut meskipun terkadang tidak berkaitan sama sekali dengan tujuan pencarian kita.

Untuk memerintahkan mesin pencari agar mengeluarkan semua informasi yang spesifik dan urutannya sesuai dengan informasi yang ingin kita cari, awali dan akhiri kata yang ingin kita cari dengan tanda petik ".
Contoh: "Penerjemah bahasa Jerman".


Hasil yang keluar akan menampilkan semua situs yang memuat kata "penerjemah bahasa Jerman" dengan urutan kata yang sama sehingga hasil pencarian yang keluar akan lebih spesifik dengan kebutuhan kita.

Apabila Anda sedang membutuhkan jasa penerjemah bahasa Jerman atau bahasa Inggris, Anda cukup mengklik link berikut: http://www.anojumisa.com/#contact.

3. Filter situs web sejenis
Apabila kita ingin mencari suatu situs web yang memiliki karakteristik atau kategori domain yang sama dengan situs web yang sudah kita kenal, masukkan kata related: dalam kolom pencarian.

Contoh di atas adalah penelusuran situs web yang memiliki karakteristik yang sama dengan google.com. Hasil yang muncul adalah berbagai situs web sejenis seperti yahoo dan bing yang merupakan situs web mesin pencari.

4. Filter kata yang lazim di antara kata-kata lainnya
Terkadang kita lupa dengan istilah yang sering muncul sebelum atau setelah kata yang kita ketahui saling berhubungan atau lazim digunakan. Dalam linguitik, ada istilah kolokasi yang artinya adalah kata atau istilah yang digabung penggunaannya dengan kata atau istilah tertentu.

Google dapat digunakan untuk mencari kata yang lazim digunakan sebelum atau setelah kata tertentu yang kita cari. Caranya adalah dengan mengetikkan tanda * dalam kolom pencarian.


Contoh di atas akan mengeluarkan semua hasil pencarian yang memuat kata semerbak dan pagi disertai kata yang lazim digunakan di antara kedua kata tersebut.

5. Filter Rentang
Untuk mendapatkan hasil pencarian sesuai dengan rentang yang kita inginkan, baik itu tahun atau nilai tertentu, kita dapat menggunakan filter pencarian dengan tanda titik yang dituliskan dua kali di antara dua nilai yang kita ingin spesifikkan pencariannya.

Contoh pencarian di atas menghasilkan daftar situs yang memuat kata camera dengan harga di antara 100 dolar hingga 500 dolar.

6. Filter Pengecualian
Apabila kita ingin mengecualikan suatu kata atau istilah dalam hasil pencarian, gunakan tanda - sebelum kata yang tidak kita inginkan muncul dalam hasil pencarian.

Hasil pencarian di atas menampilkan semua situs web yang memuat kata penerjemah bahasa selain Jerman.

Nah, itu adalah beberapa tips yang bisa digunakan untuk mempermudah Anda dalam melakukan penelusuran dengan mesin pencari sehingga Anda bisa mendapatkan hasil yang lebih spesifik sesuai dengan kebutuhan Anda. 

A linguaphile at heart and a photography enthusiast.

0 comments:

Posting Komentar

Start Work With Me